This Blog with Automotive Cars and MotoBikes, Ride Report, Review, Culinary within :)

Senin, 04 Agustus 2014

LAGII... WASPADA FORD FIESTA S, MOGOK DAN MATI DIJALAN.. BCM rusak (Body Control Module)

Halo semua.. setelah sekian lama ga ninggalin jejak dimarih akibat kesibukan :) akirnya bisa juga share 1 masalah lagi di Ford Fiesta ini.


Yup, setelah artikel yang lalu si FFS ini MOGOK didalem garasi rumah akibat aki yang drop, kali ini si FFS bikin ulah lagi dengan mogok di jalanan
artikel dulu bisa dibaca disini :
http://aecpopo.blogspot.com/2014/04/umur-aki-ford-fiesta-hanya-2-tahunan.html


kali ini FORD FIESTA ini tiba-tiba mati mesinnya dan tidak bisa di starter sama sekali.. hadeuh padahal baru service minggu lalu =.=" baru jalan 600 KM dari service kemarin







di layar timbul warning bahwa transmision malfunction =.=" disuru service now

perlahan-lahan mobil mati seperti kehilangan daya / listrik
disuru berenti dengan selamat =.=" mana banyak ancot yak gmana seh...

teringat bahwa ford ada layanan service mobile agak tenang, langsung telepon ke beres ford untuk penanganan... dan sudah janjian bahwa akan dikirim mobil layanan service,.. selama menunggu mobil datang niubi coba-coba dengan niat mereset elektronik dengan mencabut aki diharapkan sistem dapat ter restart sendiri... setelah dicoba ternyata tidak bisa... akirnya hanya menunggu harap-harap cemas karena semua elektronik maka tidak banyak yang bisa dilakukan...

Akirnya mobil service yang dinantikan datang juga.. mantab.. bawa laptop segala untuk checking enginenya dan sistemnya... 


laptop dicolok dan dicek... mekaniknya ngecek dan coba liat mesin, mesinnya ga bisa diapa2in karena memang masalahnya di kelistrikannya *terlalu canggih terlalu banyak komponen elektronik

daaaannn setelah menunggu 15 menit.. mekaniknya give up dan nyaranin di derek aja kebengkel...

katanya kemungkinan Elektroniknya rusak untuk bagian transmisi

 Darn* nanya kemekaniknya kira2 brapa harganya... DANNNNNNNNN

karena shock dengan harga aki yang dlu 2,5 juta itu bener saja.. bikin shock lagi !!!!

harga elektronik transmisi itu Rp.13.000.000 sekian dibulatkan sih Rp.14.000.000



ANJRITTTTT !!!! geblek... akirnya dikala sadar dan tidak sadar akirnya apapun rusak nya tetep ga bisa dipakai dlu mobilnya.. dan sudah telpon saja mobil derek... mobil derek ini adalah rekanan dari ford bandung.. :)

tapi tetap saja.. saya menunggu dari jam 8 pagi hingga 1 siang sampai mobil dereknya datang...

rinciannya jam 8 - 10 menunggu mobil service ford datang.. ini yang agak bikin sebel udah lama.. eh hanya sebentar sudah itu da sanggup dan ditinggal...
jam 10 - 13.00 menunggu mobil derek datang... ternyata hanya sendiri saja supir truck dereknya

dan tanpa basa basi langsung saja diangkut.. dan bayar 350.000 sekali jalan...
seharusnya sih kita ikut ke bengkel untuk menyelesaikan adm dkk untuk ford nya tapi karena sibuk dan nekad.. sudah saja mobil ditinggal dan di titip ke supir derek untuk dibawa masuk ke bengkel resmi ford.. toh dipikir mobil mau dicolong juga ga bisa jalan... mogok total...




singkat cerita mobil berada di bengkel ford gatsu bandung...

dan lewat beberapa hari saya telepon ke bengkel untuk menanyakan perihal kerusakan...

ternyata dicek ulang dan hasilnya tetap sama.. elektroniknya..

tetapi bukan tranmisi nya melainkan ECU NYA !!!! =.=" alias BCM Body Control Module
otak dari mobil itu sendiri... hadeuh... nanya harganya 4 jutaan... =.="

saya menanyakan perihal kerusakan elektronik pada mekaniknya dan ternyata !!!

dibandung sudah ada 6 mobil yang transmisi elektroniknya rusak / jebol dan selamat bila sudah tidak garansi maka akan terkena charge Rp.14.000.000 hanya untuk itemnya saja belum untuk jasa dkk...

dan dijakarta sendiri banyak yang mengalami hal serupa... ckckckckck.....

dan bila ECU / BCM yang kena maka siapakan kocek Rp. 4000.000 diluar ongkos jasa tentunya dan juga 350 ribu untuk derek  karena ketika sudah mogok mobil sama sekali tidak bisa dihidupkan....

DANNN BERuntungnya niubie Mobil FORD niubie ni hanya selang 5 hari saja dari masa garansi

GILAAAA lewat 5 hari saja maka niubie harus mengeluarkan kocek untuk part elektronik ini =.=
untunglah...

sekalian saja claim streering rack yang memang dlu gosipnya bermasalah...

tetapi... sudah 2 minggu berselang belum ada kabar tentang kejelasan part BCM ini...

masih dicari partnya dijakarta katanya =.=" hadeuh... tadi pagi niubie samperin ke bengkelnya lagi katanya masih belum datang.. yah semoga saja akan cepat datang sparepartnya.. karena mobilnya sangat diperlukan oleh orang ruamh...

yah jadi pelajarannya adalah...

bila anda ingin memiliki mobil FORD untuk mobil primary atau mobil utama anda sebaiknya dipikirkan dlu baik2 karena bila sampai mogok bisa lama dibengkel... dan harga partnya bisa bikin shock...




oh ni no tlp derek mobil untuk bandung yaa

022 60800 000


semoga membantu...





NANTIKAN ARTIKEL SELANJUTNYA
REVIEW NEW AVANZA VELOZ :)












34 komentar:

  1. Jadi mikir 1000X Oom, niat mau beli Fiesta tapi kok masalahnya segambreng ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin untuk awal sih gpp om selama masa garansi.. cuman saran sajah untuk pengguna pertama / mobil pertama kayaknya jgn fiesta deh... mending japanese car ajah lebih aman sparepart dan juga aftersales nya... harga jual kembalinya juga agak sedikit drop

      Hapus
  2. seperti komentar di artikel sebelumnya
    http://aecpopo.blogspot.com/2014/04/umur-aki-ford-fiesta-hanya-2-tahunan.html

    bahwa aki mobil Ford Fiesta mempunyai sistem kelistrikan (ECU) yang sangat rentan erorr, dan dibutuhkan penanganan khusus dalam penggantian aki.

    jika aki mobil Ford Fiesta bermasalah atau soak, jangan asal copot aki, ECU bisa error!!! serahkan ketangan ahlinya.

    Sesuai dengan artikel diatas, bahwa Mobil ini memang dijalankan oleh ECU atau Electronic Control Unit. sehingga tidak boleh ada pemutusan arus dari akinya, walaupun aki sudah soak, sebenarnya masih ada sedikit arus yang memasok kelistrikan ke sistem ECU. intinya adalah jika mengganti aki, mobil ini harus tetap mendapatkan pasokan kelistrikan.
    Jika masih bingung silahkan hubungi kami

    Harazaki Shop (Spesialis aki/accu)
    Telp. : (021) 9586 7338
    Hp : 0812 8035 6437
    Pin BB : 25 CFA 360

    Kunjungi http://www.spesialisaki.com/2015/01/jual-aki-mobil-ford-fiesta-di-bekasi.html

    BalasHapus
  3. Gan, mau tanya, setelah ganti akinya kemaren ini langsung bereskah? atau ada yang tidak berfungsi? soalnya FF saya sehabis ganti aki, air conditionernya gak jalan, apa itu karena akinya saya lepas dulu yah? bingung..

    BalasHapus
  4. Transmisi Ford Fiesta s 1.6L ane aja udah ganti 2 kali om hadeeh. Ga beres emang transmisinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. bkn vonis transmisinya kasihan akan tetapi cek tcm,pcm.ipc.abs.bcm dan pastikan top timingbelt .ocv/cam/crank sensor tepat termasuk gap. rate.cam dan crank sensor.kalibrasi learn tcm dan pcm .gunakan alat scan yg suport module programing .sedangkan penciptanya mobil ff.sakit kepala mikirkan .tech siluman .TRANSMISI TDK AKAN NORMAL.JIKA TCM TDK BISA KOMUNIKASI.ATAU REQUEST ADAPTASI DG PCM BEGITU SEBALIKNYA.BIAR GANTI GERBOX 100X DI JAMIN TDK AKAN BERES.D T c....p0..p1..u...akan slalu muncul baik run.dll.

      Hapus
  5. Transmisi Ford Fiesta s 1.6L ane aja udah ganti 2 kali om hadeeh. Ga beres emang transmisinya

    BalasHapus
  6. Makasih sharingnya. Saya beli FF 1.6 S 2011 AT. Akhir2 ini sering mati kalau di tanjakan. Kayak telat nginjek kopling di mobil manual. Kudu ke bengkel resmi nih kayaknya krn bengkel langganan tampaknya udah nyerah sama si FF :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. @iin , sis kayanya itu gejala TCM nya, hati-hati coba segera bawa ke beres biar dicek, coba di-cek juga arus di Aki nya, soalnya arus Aki yang ga stabil bisa fatal buat TCM nya, saya kemarin baru ganti TCM gara-gara Arus AKI yang soak.

      Hapus
  7. Mau tanya gan...ford fiesta 2011 metic di posisi D ga bisa maju..itu knapa ya...kalo posisi R nya bisa mundur..

    BalasHapus
  8. http://montirspecialistfordfiesta.blogspot.co.id/2017/08/montir-specialist-ford-fiesta.html?m=1

    BalasHapus
  9. http://montirspecialistfordfiesta.blogspot.co.id/2017/08/montir-specialist-ford-fiesta.html?m=1

    BalasHapus
  10. Ford Fiesta mengecewakan sekali... gw punya thn 2014... sampai sekarang sdh ganti aki 4x... cover fog lamp pecah... msih asuransi... minta ganti di bengkel Ford (dgn tanggungan asuransi) sampai skrg sdh lbh dr 6 bulan tidak ada barang/jawaban... pelayanan Ford MT Haryono jg parah... kalau tidak ditelpon atw disamperin... gak ada inisiatif... pdhl mobil sdh selesai diperbaiki seminggu sebelumnya

    BalasHapus
  11. Ford fiesta selagi masih hidup normal. Segera tambahkan kabel grounding dari aki negative ke dynamo starter. Kalau perlu ke body TCM samping aki.

    Sy pernah disuruh ganti 2 modiul TCM dan BCM .dgn harga selangit rp11 jt .. Sy bilang ini cuma masalah massa..mereka ga punya kabel alasanya. Sy ke tukang aki cuma 150rb beres.

    Setelah hampir setahun Ford 1600 thn 2013 ini akhirnya mati lagi tsk mau starter. Sy coba gunakan sekring ignition for diesel yg kosong. Bunyi ada api. Tapi spt tdk ada bensin yg masuk.
    Ada yg bisa solve?

    BalasHapus
    Balasan

    1. hallo mau tanya dong pny saya ford fiesta S type 1.6... penyakitnya selalu sama! kadang kumat kadang tdk. tp kenapa kalo kumat selalu stelah habis ujan :(( ga mgkn kan gr gr ujan.. tp setiap ujan selalu kambuhnya gabisa di starter. itu kenapa ya? pdhl udh 2 org bengkel ford blg ini mbil gada masalah. jd bingung.. pdhl selalu dbawa jalan, dan pagi selalu di panasin lho..

      BalasHapus

      Hapus
  12. hallo mau tanya dong pny saya ford fiesta S type 1.6... penyakitnya selalu sama! kadang kumat kadang tdk. tp kenapa kalo kumat selalu stelah habis ujan :(( ga mgkn kan gr gr ujan.. tp setiap ujan selalu kambuhnya gabisa di starter. itu kenapa ya? pdhl udh 2 org bengkel ford blg ini mbil gada masalah. jd bingung.. pdhl selalu dbawa jalan, dan pagi selalu di panasin lho..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemungkinan aki bermasalah pada suhu dingin/habis hujan

      Hapus
  13. Ganti transmisi manual bisa ora son ?

    BalasHapus
  14. Sy pengguna FF matic juga...dan selama ini no problem kok.mobil Sy tahun 2012 berarti sudah 6 taun sy pake...saran saja selalu lakukan maintenance ke Bengkel resmi Ford secara berkala..
    Semoga bermanfaat

    BalasHapus
  15. FF manual 1.4L sy tiba-tiba di stater gak mau bunyi. Seperti kehilangan tenaga gitu, kira2 ap penyebapnya ya?

    BalasHapus
  16. solusi OBAT SAKIT KPL buat semua pemilik ff,ffocus.fes,frgr2.2 yg bnyk masalah udah ganti unit part baruatau eks tetap bermasalah dgn A/T,TCM,PCM,BCM,IPC,ABS,ENGINE dll.plus DTC P0..U..dll Powered by SNI

    BalasHapus
  17. FF sy tahun 2011 ..1 minggu ganti aki..skrng malah gak bisa stater knp ya??susah lg nyari bengkel resmi Ford di Sentul

    BalasHapus
  18. FF sy tipe S 1.6 tahun 2012...baru tahun lalu ganti double clutch...sore ini tetiba gak bisa di starter dan ada comment engine mallfunction service now...kebetulan tadi mobilku keujanan...duh jadi gak bisa pulang ke rumah nih, karena kebetulan lagi di rumah teman..sebelumnya gak pernah kayak gini...apa yg harus di cek sih kalo seperti ini?

    BalasHapus
  19. Ff saya lampu abs, hill. Start Assist dan traction contol nyala. Hasil scaning u3000. Apa udah pasti modul yg harganya 22jt itu ya (keterangan dr beres)

    BalasHapus
  20. Kejadian yg sama menimpa mobil ford fiesta anak saya,sewaktu dia pulang kuliah di Jatinangor, mesin mobilnya mati tiba², setelah beberapa orang mekanik berusaha memperbaikinya hasilnya nihil, tetap saja mesin padam, akhirnya mobil di derek ke servis resmi ford di bandung. Sampai hari ini fordnya masih di bengkel, belum di periksa mekanik karena alasan bengkel masih ramai. Dengar² kata anak saya dari mekaniknya yg rusak ECU nya, harganya sekitar 7,5 jt. Smoga saja tidak ada kerusakan lainnya

    BalasHapus
  21. Sy punya ff sport 2012, apabila ac dinyalain mobil jd berat n biasa tersendat serta rpm turun.muncul engine malfunction. apa ini masalah tcm jg yah?

    BalasHapus
  22. sy punya ford fiesta 2013 manual, pernah jebol radiator kemudian diganti dengan yg baru termasuk water pump, timming bel v belt, dan bahkan sy periksa sampai mesin sekiranya kemasukan air, pokoknya yg berhubungan dengan radiator termasuk injeksi sy ganti dan saat ini bermasalah berkaitan dengan mesin sudah dingin ketika dihidupkan kayaknya ngadat ....ada solusi nggak yah

    BalasHapus
  23. Saya mau tanya,ford fiesta 2011 mesin mati total tidak bisa stater,saat kunci kontak di stater berbunyi tingnung tingnung,dinamo stater tidak nyala,apa yang rusaknya ya!!mohon bantuan teman teman ford

    BalasHapus
    Balasan
    1. sepertinya itu daya aki nya kurang gan.. klo daya aki sudah lemah.. keluar bunyi2an itu.. :) semoga bermanfaat.. pda saat ganti aki.. aki lama nya jgn di cabut yah.. harus di tempel pakai aki lain dlu.. supaya arus listrik tdk putus dari mobil. klo sampai listrik putus dari mobil.. maka harus di reset.. oleh mekanik :)

      Hapus
    2. https://aecpopo.blogspot.com/2014/04/umur-aki-ford-fiesta-hanya-2-tahunan.html?sc=1650960767910#c1690999812382123979

      Hapus
  24. Jika kita paham dasarnya tentang kerusakan mobil ford fiesta maka tidak serumit dan semahal yang bengkel bengkel ceritakan

    BalasHapus
    Balasan
    1. skrg setelah banyak komunitas jadi lebih terbantu gan... skrg banyak yg akhirnya komunitas2 yang membuka bengkel sekalian untuk reset TCM nya.. jadi ketika mesin sudah bergetar... pastikan reset ke bengkel yang mempunyai software ford dan mengerti tentang sistem dlm mobil ford ini :)

      Hapus
    2. Reset TCM area semarang apa ada ya om?

      Hapus