Halo Gan...
Setelah 3 tahun si FFS ini ada dirumah, niubie mau sharing plus minus nya untuk pemakaian sehari-harinya...
untuk review pemakaian sehari-hari, memang untuk brand dan mobil non jepang ini memang, secara build quality tidak kalah dengan hatchback sejenis, terutama dari bahan-bahan yang dipakai, contoh saja plat body yang lebih tebal dari brand jepang, serta interior yang mempunyai kesan yang wah... serta teknologi yang pertama memakai voice command untuk mobil sekelasnya... mempunyai konektifitas dengan bluetooth :) pokonya ciamik...
ASPEK PERFORMA
untuk review performa engine pemakaian sehari-hari memakai bahan bakar premium, untuk kompresi engine fiesta ada di 1 : 11 untuk tipe Sporty yang 1600 cc ini.. sedangkan 1: 9 an untuk tipe 1400 cc...
Review Using Premium Octane 88
untuk pemakaian premium selama ini, tidak didapatkan gejala knocking yang terasa jelas.. karena timing pembakaran secara otomatis dimundurkan oleh ECU hasilnya jadi tenaga memang sedikit loss karena timing pembakaran dimundurkan...
TOP speed yang berani niubie jajal selama pakai premium ini adalah 170 KM/Jam di jalan tol tentu ngebutnya juga liat sikon :)
sedangkan Fuel Consumtion menggunakan premium teririt berada dikisaran 1 liter untuk 12 KM saja.. sedangkan keluar kota ??? wah niubie malah lebih boros kisaran 1 : 8 kenapa ? karena untuk menyaliip harus menggunakan mode L / Sport nya untuk menyalip ditanjakan... mungkin untuk jalur yang tidak banyak stop and go dan juga santai FC akan lebih tinggi lagi.
sedangkan terboros berada di 1 liter untuk 6 - 7 KM saja !!! untuk kondisi stop and go + macet parah + full AC + tidak eco drive !!! gas pol rem poll...
Review penggunaan PERTAMAX PLUS octane 95
untuk penggunaan pertamax plus ini, jelas bedanya !! dari awal suara mesin lebih halus dan juga bertenaga... terus gimana performa nya ? niubie jujur cuman berani hanya 180 KM/Jam udah ngeri gan... ga berani lagi deh.. hehehe.. itu TOP speed di utube bisa sampai 220 KPJ hidih seremm.....
untuk irit nya sih sepertinya tidak terlalu berbeda signifikan... hanya terpaut perbedaan 1 KM saja bila untuk premium bisa 1 : 12 maka untuk pertamax plus ini hanya 1 : 13 saja dengan cara berkendara yang sama.. dan untuk borosnya pun sama... bila dipakai dengan agresif FC bisa sampai 1 : 6 namunnn !! performa tidak berbohong... tarikan G force akan terasa koq :D
untuk irit gunakan saja additive untuk mengatrol angka octane menjadi lebih besar... banyak additive bermacam-macam... namun gunakanlah yang cair sehingga tidak meninggalkan kerak di tangki bensin.... dan dapat tercampur secara sempurna di dalam tangki.
TRANSMISSION / GEARBOX / GIGI
Ini adalah suatu kemajuan untuk menggunakan dual clutch sehingga pergantian gear akan lebih cepat dan waktu yang dibutuhkan lebih singkat dibandingkan transmisi biasa.
TAPIIIIIII transmisi itu tidak berguna di INDONESIA kenapa ??? karena transmisi dual cluth itu akan optimal bila jalan tanpa hambatan / tidak macet maka transmisi itu akan terasa superior !!
namun, ketika dipakai untuk mode macet-macetan !!! maka akan menjadikan kelemahan yang sangat fatal... niubie bisa katakan seperti jeremy (pembawa acara TOP GEAR UK) STUPID GEAR BOX !!!
kenapa? dia pindah-pindah gigi seenak udel... mana bunyinya keras banget krotok2*
software untuk ECU dan performa sudah update yang paling baru sekalipun tetap saja pergantian gear tidak bisa semulus matic biasa pada umumnya... dual clutch sistem ini niubie tidak merekomendasikan untuk macet deh... untuk pemakaian harian niubie sarankan beli saja yang tipe trend atau style saja.. matic nya seperti umumnya malah ada seperti triptronicnya yang bisa kita naikan atau turunkan gear dengan pedal namun tanpa menginjak kopling...
overall cukup puas... hanya saja layanan PURNAJUAL harus diperbaiki... untuk bandung saja service station hanya ada satu di jalan gatot subroto... dan dipastikan akan penuh karena satu-satunya dibandung.. untuk pelayanan sih tetep auto2000 nomor 1 deh :)
untuk harga sparepart juga harus menjadi perhatian... untuk mobil non jepang ini harga sparepartnya memang bikin shock dan terkaget-kaget... hehehe...
Fitur yang PLUS yang bikin niubie terpukau adalah elektric spion yang mana spion akan ikut terlipat bila kita mengunci mobil / lock :) jadi ga usah manual melipat bila parkir..
oh iya... niubie pernah terselamatkan dengan fitur fiesta ini yaitu ABS dan juga anti slip...
waktu itu niubie pernah gas pol pake mode L dan juga kondisi hujan dan didepan tau-tau ada angkot tiba-tiba nyalip akibatnya niubie harus hard break dan juga banting stir kanan kiri...
berasa buntut belakang udah ngesot karena slip... namun indikator slip di speedo langsung nyala dan mobil bisa dikendalikan nornal bisa dibelokan... akirnya selamet....
pernah juga waktu melibas tol cipularang dengan kecepatan 160 Km/Jam dengan kondisi jalan kering namun tiba-tiba saja 20 meter didepan hujan lebat dan jalan basah dengan genangan air...
saat itu udah terlalu terlambat untuk mengerem akirnya harus melibas genangan air dengan speed 160 km/jam.. pake ban standar bawaan pabrikan.. langsung terjadi Aquaplaning deh.. mobil berasa geol-geol karena mobil berada diatas permukaan air, karena air tidak bisa terpecah oleh alur ban... untung saja sensor bekerja dan juga indikator kembali nyala dan lagi-lagi selamettt... hehehe
sisanya oke... :)
ada sih 1 yang mengganggu yaitu, kualitas cat tipis serta downgrade yang dilakukan contoh saja rem belakang di indonesia diberikan drum sedangkan spec fiesta luar diberi cakram untuk pengeremannya
untuk penggantian aki akan niubie bahas pada artikel terpisah ya..
nih linknya :
http://aecpopo.blogspot.com/2014/04/umur-aki-ford-fiesta-hanya-2-tahunan.html
Halo bro Alex. Salam kenal. Saya pemakai Fiesta 1.6 S juga.
BalasHapusReview Ford Fiesta 1.6 S nya bagus banget.
Sekalian mau tanya, kalau di tanjakan itu apakah harus selalu pindah ke L atau pencet tombol OD ya? Memang yg saya rasakan itu pas ditanjakan kalau mau nyiap bus yg pelan itu saat pedal gas dikick down / dibejek spt yg kosong dan agak telat. Kalau dipindah ke L tenaga langsung keluar tp mesin jd meraung2 dan RPM ketahan di putaran atas.
Ga biasanya spt ini kalau di mobil jepang ya?
Kalau macet emang bener kata bro Alex. Suka pindah2 gigi seenaknya dan kalau pindah antara gigi 1 atau 2 dan sebaliknya kadang bunyi krotok2...
Awalnya saya pikir cuma Fiesta saya yg begitu. Taunya setelah baca review ini emang karakter transmisi dual clucth nya begitu. Saya baca2 ga cuma Fiesta aja, ada mobil lain yg transmisinya sejenis jg begitu.
Karakter dual clutch nya ford memang masih seperti itu gan, coba cek berkala ke bengkel biasanya ada update, lumayan ngaruh dikit2.. kalau mau salip2an mending pake od aja gan giginya jarang ganti, dan kalau macet2an yg gerak cm 1 meter pake L saja. Sebenernya transmisi dual clutch bisa adapt sama kebiasaan driver, contoh kalo kita sering kebut2an, gear bakal.lebih banyak di tahan, dan kalo sering di pakai utk ekonomi, gear bakal.lebih cepet ganti utk hemat bahan bakar..masalahnya cycle utk adapt kurang lebih harus jalan 100 miles. Kalo bunyi itu wajar bunyi sync gear,.. segitu sih yg ane tau kalo ada yg salah maap,. Yg jelas dual clutch itu ga sama dengan matic konvensional. Semacam manual transmisi yg di kendalikan komputer untuk relase clutch sama selecting gearnya..
Hapussama dengan om anonim nih... betul banget.. biasa ada update softwarenya tapi terakir update hanya taun 2014 bulan 6.. setelah itu tidak ada lagi updatenya karena keluar model barunya...
Hapusuntuk dual cluth nya memang butuh penyesuaian saja dari driver...
untuk tanjakan dan kondisi macet sepertinya OD saja cukup...
kecuali untuk nyalip sepertinya mending L karena pindah gearnya di RPM lebih tinggi sehingga tenaga tdk drop di tengah jalan sewaktu nyalip...
untuk dual clutch nya betul untuk bro anonim... sistemnya adalah kopling manual namun di atur oleh komputer untuk perpindahan gearnya sehingga tidak seperti matic umumnya...
Thanks infonya bro Anonim. Setelah sekian lama nyetir Ford Fiesta 1.6S akhirnya saya bisa menyesuaikan dengan karakter transmisi dual-clutchnya.
BalasHapusBetul seperti bro Anonim bilang dan karena sudah saya terapkan juga. Kalau mau salip2an lebih baik pencet tombol OD aja, tenaganya ngisi terus karena shiftnya di RPM lebih tinggi dan jarang ganti gigi.
Kalau macet yang banyak stop n go pindah ke L lebih nyaman, krn di gigi 1 aja.
Nanti pas servis berkala 25rb km mau coba diupdate softwarenya sekalian.
Salam kenal Om Alex, pengguna FFS A/T 1.6S juga. Mau tanya, selama 3 tahun pemakaian apakah sudah pernah bersihkan ruang bakar mesin? Kalau sudah bisa di share om apakah kerjain di beres atau bersihkan sendiri. Soalnya yg saya rasain tenaganya makin berkurang. Bahan bakar dari dulu campur premium & pertamax plus 50:50. Terus air filter pakai k&n replacement dan rutin bersihkan, termasuk throttle body.
BalasHapusselama 3 tahun pemakaian blm ada jadwal pembersihan ruang bakar.. saya mengikuti paket servicenya per KMnya...
Hapusinjektor masi blm ada keluhan.. untuk tenaga sepertinya saya tidak mengalami tenaga drop...
untuk info saya mengunakan BBM jenis pertamax biru.. kadang pertamax plus...
sekedar info.. untuk pencampuran BBM premium dan pertamax sepertinya agak kurang maximal... karena additive pembersih ruang bakar yang ada dipertamax menjadi tdak berguna karena bercampur dengan senyawa premium...
untuk sekadar meningkatkan oktan lebih baik menggunakan additive jenis cair untuk mencampur premium dan octan booster...
dan jgn lupa sebulan sekali isi pertamax untuk membersihkan ruang bakar dari sisa karbon diruang bakar
salam kenal mas Alex.Sy rival,kbtln mbl sy ford fiesta type 1.4 Trend manual keluaran 2012.mo nanya sool oli transmisi.apa ford manual sy perlu dilakukan penggantian oli transmisi ya? soalx sy blm dapat jawaban yg pasti nih dari dealer ford.thanks sblmnya
BalasHapus