This Blog with Automotive Cars and MotoBikes, Ride Report, Review, Culinary within :)

Minggu, 27 April 2014

Umur Aki Ford Fiesta hanya 2 tahunan !!! waspada !!! HARGA AKI NYA MAHAL !!!

Halo gan, sesuai judule hehehe karena niubie baru saja mengganti aki untuk ford fiesta ini...


Kita bahas dulu, lamanya pemakaian mobil dan juga Aki nya...

pemakaian mobil itu november 2011 dan baru saja ganti pada bulan april 2014
kurang lebih ada sekitar 2 tahun setengah yaa....

Oke,gejala pada ford fiesta ini, tidak sama dengan mobil umum lainnya yang benar-benar ECU dan komputerisasi mengontrol semua sensor dan bagian unit-unit kecilnya....

pada mobil-mobil yang pernah niubie oprek-oprek seperti :
1. kijang kapsul all varian seperti bensin, diesel
2. sirion, Avanza, Xenia
3. Inova 2.5 diesel
4. Grand Livina
5. Corrola





semuanya bisa ditemukan gejala yang sama yaitu, lampu redup, dan juga bila dicoba distarter maka dinamo starter akan bunyi... cengek ngek ngek ngek~~~ bila aki masih kuat.. dan bila aki sudah tidak kuat maka hanya ada suara bendik staternya saja trek tek tek tek~~~~ gitu...

nah pada ford fiesta ini, maka ketika kunci dimasukan diposisi on tetapi belum distarter maka semua indikator ajan menyala dan juga melakukan engine check up berulang-ulang.. biasa hanya 1x dan siap distarter... ini bisa sampai 3 hingga 5x dengan bunyi-bunyian yang menyeramkan !!!

Terdapat bunyi-bunyian disekitar dinamo starter dan juga gearbox !!! itu gearbox dual clutch nya gerak-gerak gearnya pokoe serem ditambah semua lampu indikator dan juga lampu LCD redup-redup kaya kelap kelip...

awalnya niubie memang sudah curiga ada yang aneh pada kelistrikannya, lalu inisiatip lah dengan men charge aki ford fiesta ini menggunakan alat charge aki universal dengan mode low chargenya... tinggal putar di setelannya 12 volt di pengaturannya... setelah 4 jam berlalu yang biasa niubie lakukan pada mobil-mobil sebelumnya ternyata tidak bisa... tetap terjadi




Niubie cek nyalain lampu terang koq... nyalain audio koq normal aja.. hanya saja begitu distarter tetap tidak bisa...

malamnya niubie mencoba dengan menjumper aki dari mobil inova diesel, dengan kabel jumper biasa.. namun ketika dicoba starter pun tidak bisa...

HAYAAHHH~~~~

 Udahlah giveup... karena mungkin bukan aki nya niubie pikir... karena lihat dimanual booknya pun tidak ada trouble shootingnya... untuk ini
akirnya telepon saja layanan dalurat ford 24 jam...  E E E E ee~~~~ Sibuk terusss ga bisa nyambung... ya ampun... apa emang lagi banyak mobil yang bermasalah yaa...

akirnya inisiatif sms ke branch manager ford se jawa barat #eeehhh... hehehe sekalian forward ke kepala mekaniknya :)

ternyata smsnya langsung dibalas oleh beliau... salut deh.. untuk ko S*nsin
malah beliau yang sms dluan dibanding kepala mekaniknya @_@
beliau langsung menanyakan alamat rumah :) wuoowww kan tanggapannya...

akirnya tadi siang setelah mekanik beberapa kali menelepon untuk korformasi rumah niubie akirnya datang setelah menyelesaikan tugas piketnya di BERES FORD Gatsu...

Tadi kepala mekaniknya langsung yakin bahwa permasalahan ada pada aki yang udah umurnya hehehe... tapi niubie ga yakin karena dijumper pun ga bisa..

mekanik mengusulkan hal serupa yaitu penggantian aki baru... ya udah coba deh... pas nanya harga, mekaniknya juga tidak enak hati untuk mengakatakan harganya...
dengan malu-malu menjawab, harganya Rp. 2.505.000 pak !!! WHATTTT!!!!!
koq mahal bener emang buatan mana itu aki... saking kagetnya.. karena urusan aki memang niubie udah berurusan lama, sering banget nih ganti aki dlu.. untuk merek AMARON pun yang free maintace untuk mobil diesel dengan ampere besar hanya kisaran 1 jutaan saja ! lha ini mobil kecil city car koq pie akinya harganya ga masuk akal...

niubie langsung pura-pura kedalam dan googling dlu.. ternyata benar harga aki untuk fiesta itu sebesar 2,4 - 2,5 juta ! FACEPALM* TEPOK JIDAT !!!

 Akirnya mau ga mau ya udah deal in saja deh dari pada ga bisa dipake tuh fiesta.. mana dirumah sebelah lagi nge cat pagar...kalo ga dipindah posisi mobilnya bakal kena taburan cat pagar geratis *beuhh....

liat akinya wess edyan !! dikirim dari luar negri pake DHL BEROH !!

Tuh packaging nya !!! cek cek... ternyata akinya dari Filipina gan !!
cek aki bekasnya ternyata buatan thailand.. sesuai dengan waktu dlu kan CBU fiestanya dari thailand... nah tapi ada perbedaan spec akinya..kalo dlu spec thailand hanya 43 apa 45 ah 12v  tadi lupa wwkkwk tapi yang dari filipina ini 12v tapi 55 ah, ternyata ampere nya lebih besar.. semuga lebih awet...

Ini tipe aki nya gan !!!

made in Filipin

Ini aki bekasnya...  made in thailand

Tuh aki bekasnya lebih kecil ukurannya dari aki yang tadi beli...


So ??? untuk yang punya ford fiesta !!! waspadalah waspadalah !!!
umur aki anda hanya sekitaran 2 tahun bila menggunakan aki bawaan ori...

untuk para wanita terutama... yang tidak tau sama sekali troubleshooting mobil, bila umur mobil ford fiesta anda sudah menginjak umur 2 tahunan, sebaiknya persiapkan aki cadangan dlu !! jadi bisa beli aki dari toko lain yang siapa tau harganya bisa miring ! bila beli di ford maka harganya jangan kaget... hehehe....

Total biaya :
Aki : 2.505.000
Ongkir dan jasa : 165.000 -> karena dikirim kerumah niubie...

yap itulah pengeluaran tidak terduga dari ford fiesta...

siap-siap nabung AKI ya !!! hahaha...

nah setelah aki baru dipasang, cobain, indikator akan berkedip  dahulu 1x tanda komputer sedang checking kondisi engine... dan tadaaa breeemmmm* nyala


dalem ati.. shittt aki 2,5 jutaaa wkwkwkw.... kalo tau aki dari awal cari ditempat lain deh akinya..
cari-cari ditoko bagus ada yang jugal merek german 55 ampere juga harga sekitaran 1,5 jutaan belom ongkir... tetap saja lebih murah dari pada beli di BERES kan ? :)


FITUR FIESTA yang TOP

ada engine checking selalu sebelum mobil bisa distarter... bila ada masalah maka engine tidak akan bisa di nyalakan !!!

niubie cobain starter 1x kan gagal karena arus dibaca oleh komputer lemah.. maka setelah 1x gagal, maka kunci tidak bisa diputar lagi !!! untuk starter ulang !!! kenapa ??

karena sistem mengunci tidak boleh distarter lagi ! karena bila pada mobil biasa yang niubie sebut diatas, maka walaupun arus kurang, tetap saja bila dipaksa starter maka arang dan dinamo starter akan dipaksa bekerja sampe bunyi Ngecek ngek ngek ngek* begitu... lama-lama bisa habis percuma tuh arang dan dinamo starernya...

:) boleh juga fiturnya hehehe...




24 komentar:

  1. thanks infornya. saya juga pas lebaran kemarin bagus tanggapan dari ford siaganya, tapi ya itu masalah harga aki, 2.5 juta, tp daripada gak bisa dipake pas lebaran ya udah. selang seminggu ngadat lagi tuh mobil, terpasa di derek ke ford terdekat, jakarta selatankatanya kalau pasang aki harus dalam kondisi hidup lah nah lo yang masang kan orang ford juga...yang ada sampai hari ini masih di bengkel ngantri periksa lanjutan. mudah2an gak ada biaya siluman lainnya.

    BalasHapus
  2. Gan, lagi kejadian nih gan .

    mobil lagi ngejugjrug di besment kantor,persis banget kejadiannya sama agan di atas.
    spare part yang di cover asuransi apa aja yah gan.
    aki termasuk ga yah?

    BalasHapus
  3. Walah.. memang sepertinya masalah aki ini gaswat bener ya....

    malah kemarin FFS niubie nie kena masalah lagi dengan ECU nya...

    harga ECU nya sajah bisa 4 jutaan belum biaya pasang... dan kalau elektronik transmisi nya kena bisa kena 14 jutaan tuh....

    yang dicover garansi mungkin ya ? kalo garansi kelistrikan sih di cover selama masa garansi masih ada...

    kalo asuransi sepertinya tidak cover untuk masalah seperti ini :)

    BalasHapus
  4. Pengalamannya mirip2 nih, cuma bedanya sy baru pake 18 bln, siang tiba2 ga mau distarter di garasi pdhl paginya dipake fine2 aja... Curiga karena akinya sy coba jumper hampir setengah jam an bs nyala tp ga lama setelah mesin dimatiin ga bs starter lagi... Yaudh tpaksa telp era, lumayan cpt responnya 2 jam an udh sampe montirnya, dan katanya akinya harus diganti n krn blm 2 tahun dpt penggantian aki gratis tp mbl nya harus dibawa ke beres terdekat pake mbl towing... Krn pas hr libur mgg, besokannya baru diderek (dereknya jg free).. Dibawa ke beres cikokol, petugasnya cekatan ga pake basa basi akinya lgsg diganti baru, sejam an kelar deh.. Pas lihat kuitansinya shock jg liat harga akinya 2 jt an, tp untungnya msh free...

    BalasHapus
  5. Info : Aki khusus jenis Ford fiesta ini memang kadang susah ditemukan sehingga tak heran bila harga baru yang ditawarkan menjulang tinggi.. dalam kasus ini kami sudah banyak membantu para agan-agan pecinta Ford Fiesta.. Harazaki Shop siap membantu antar pasang 24 jam (tanpa biaya antar). Harga yang kami tawarkan relatif normal. Tersedia dua merek 1. Delkor 54536 2. G-force 54533
    silahkan telp kami untuk informasi harga saat ini.
    Telp : 021 9586 7338 / 0812 8035 6437

    web: www.spesialisaki.com

    BalasHapus
  6. Saya punya pengalaman yang sama, sempet ragu apakah akinya atau yang lain. Aki yang sebelumnya merk G-force 55530 kalau tidak salah. Indikator aki menunjukkan akinya masih baik. Jadi saya panggil teknisi ford untuk cek. Sempat galau akan ganti akinya di ford atau beli aki di luar, daripada pusing dan takut ditipu (aki palsu atau 2nd), saya beli di ford. Alamak harga aki plus ongkos pasang sekitar 2.8jt. Setelah saya cek akinya motolite 55530 dan di jual di luar cuma 1jt. Saya sarankan untuk pengguna ford, beli aki diluar saja karena saya tidak melihat keuntungan beli aki di ford. Hanya teknisinya bilang kalau beli di sana, garansi 12 bulan.

    BalasHapus
  7. Aki fomoco (original) dengan harga tinggi dikarnakan karna pemesaannya harus dari luar, untuk pengguna ford fiesta kami merekomendasikan untuk memakai produk dalam negeri saja. Bekal dari pengalaman, Aki ford fiesta yang sudah pernah kami ganti rata-rata diatas satu setengah tahun, hampir tidak ada bedanya dengan kualitas aki FoMoCo (orinya).
    Tetapi perlu diketahui, Proses penggantian Aki Ford Fiesta sangat rentan dengan ECU Eror, Sistem kelistrikan bermasalah. saran kami gantiLah aki ditempat spesialis bengkel aki yang sudah berpengalaman.
    Cek disini
    http://www.spesialisaki.com/2015/03/cara-mengganti-aki-mobil-medern.html

    BalasHapus
  8. Gan,Harga aki kering untuk ford fiesta merk incoe Rp. 850.000. Untuk daerah harapan indah bekasi dan sekitarnya hub pacific battery no.telp 021-70562358, 081319774673. ( free delivery ).

    BalasHapus
  9. Gan,Harga aki kering untuk ford fiesta merk incoe Rp. 850.000. Untuk daerah harapan indah bekasi dan sekitarnya hub pacific battery no.telp 021-70562358, 081319774673. ( free delivery ).

    BalasHapus
  10. untuk temen2 juga yang blm pernah mengalami ini, atau pengguna mobil pertama mungkin bakalan kaget sekaget2nya untuk harga dari aki ford hehehe kayaknya ga cuman di fiestanya aja deh.. karena mesin yang sama dan spec yang sama pula dipakai di ford ecosportnya....

    untuk masalah gearbox dan software nya untuk produk barunya sudah diupgrage dan juga untuk garansi ECU dan transmisi digaransi sampai dengan 5 tahun.. karena awalnya kelistrikan hanya 1 tahun saja dan juga gearbox hanya 3 tahun..

    yah lumayan karena banyak yang komplain masalah gearbox ini jd diperpanjang garansinya karena saya yakin masalah ini banyak yang mengalaminya

    BalasHapus
  11. Pak alexander masih ada ford fiestanya....saya juga punya ford fiesta 2011 sporty....bermasalah terus. Hampir semua dlmnya pernah diganti, saya pernah ganti kopling, ganti dual clutch, alternator aki...untung semuanya masih garansi...jadi ngeri ngebaysngin kl rusak pas nanti sudah tidak garansi....yang mau saya tanyakan fuestanya pak alexander jalanya suka bergetar ga? Tetutama kl masih di gigi rendah, misalnta kl kena macet atau ngerem mendadak....masalah itu yg belum selesai sampai sekarang. Satu informasi...saat ini ford fiesta saya sedang mogok du depan rumah dengan gejaka persus du artikel ini...moga2 cuma masalah aki.....tx

    BalasHapus
  12. Baru beli mobil fiesta di awal november 2012. Nahh... Baru aja hari ini 2 Oct 2015 kejadian mogok n musti ganti aki baru. Beli di Fast bogor. Harga 750 ribu merk masiv ultra 54533 45Ah. Aki basah sih. Moga2 awet. Doi garansi 6 bulan n isi air aki n maintenance gratis 6 bulan. Semoga bermanfaat. Thx

    BalasHapus
  13. Wahhh....terima kasih, bisa nyangkut kesini.
    Gara2nya ingin cari info sekitar accu fiesta. Masalahnya, hari Rebo kemarin, setelah 4 hari Fiesta 1500 tak bawa nyebrang ke Sumatra ngejajal lintas timur, saat mau start balik Bekasi, MENDADAK starternya gak normal, timbul suara & tanda2 gambar tampilan yg bener2 ngagetin. Setelah nenangin diri, coba lagi, masih tetep begitu. Tapi akhirnya setelah percobaan ngestart yg kesekian kali, mesin mobil bisa hidup, tetapi muncul tulisan "transmission malfunction, service now, (ok). Disertai tanda kunci pas serta simbol engine yg menyala. Tak mati-in lagi mesin, kmdian hidupin lagi. Ternyata...tetep spt itu tampilannya. Mati-in lagi....tetep tdk berubah.
    Posisi di Way Jepara. Yg jelas, deg-degan banget. Kemana hrs dibawa ini mobil, dan jg mau diapain oleh bengkel/montir yg ada. Itu yg ada dlm pikiran.
    Akhirnya tak putusin, tetep jalan balik Bekasi !
    Sepanjang jalan transmisi memang bermasalah (matic), posisi D hanya bisa 30-40 km, dg RPM menunjuk hingga 60000, gak ada perubahan gigi. Posisi tak pindah S, tidak ada sinyal nyala di "S" seolah tdk msk sama sekali.
    Setelah jalan sekitar 20/25 km, dg kecepatan max 30km/jam krn mempertahankan RPM yg tak rasa ideal, 40000 (max), mulai tak coba2 mindah2in tuas persneling dari D ke S bolak balik dg mainin kecepatan serta RPM. Ternyata pada suatu posisi tertentu, transmisi bisa nyangkut hingga mencapai 70km/jam dg RPM 60000.
    Dengan perjuangan modal nekat dg hati ketar ketir. start dr Way Jepara jam 20.30, nyampai Bakauheni jam 24, nyebrang sampai Merak jam 4.30 pagi, alhamdulillah sampai Bekasi jam 9.30 tadi pagi.
    Sembari nunggu mobil dicuci, tak telpon Ford Nusantara Bekasi. Dan oleh service advisor, setelah tak utarakan permasalahannya, dengan sedikit komplinan, karena baru dua minggu lalu TCM (transmission Control Module) diganti baru. Ini jg krn ada masalah lain lagi yg saya alami, sejak mobil masih di posisi km pemakaian 1700km. Selain jg penggantian cross joint sistim kemudi bagian bawah, saat km mobil menunjukkan 400, krn ada bunyi "klethek-klethekkk"
    TCM diganti dlm posisi km 17200. Memang sih...GRATIS ! ( mobil delivered September 2013 ), dan sekarang ada tampilan transmisi tdk berfungsi, hubungi bengkel....., gimana nggak komplain.
    Dan oleh SA dg enteng, ditanya, sdh pernah ganti aki atau belum ? Krn kemungkinan akinya sdh lemah (ampernya), jadi tdk kuat ngangkat sistim kelistrikan yg ngontrol & ngatur sistim kendali operasi mesin termasuk TCM yg baru diganti " begitu katanya.
    Setelah cuci mobil, langsung balik rumah, tdk jadi ke Ford, akan cek /lihat akinya dulu. dDan ternyata akinya spt disbt diatas Fomoco made in thailand. Setelah coba buka info tentang aki ford, ketemu blog ini.... Dan, terima kasih banyak dg apa yg sdh agan2 muat dan sampaikan diatas. Krn dg begitu besok pagi saya akan cari & beli aki sesuai spec Fiesta 1500

    BalasHapus
  14. Mau tanya gan fieta matic saya sering bergetar saat jalan terutama saat naik gunung, apakah bisa di asuransikan? Saya curiga sistem transmisinya yang bermasalah ghx

    BalasHapus
  15. Mau tanya gan fieta matic saya sering bergetar saat jalan terutama saat naik gunung, apakah bisa di asuransikan? Saya curiga sistem transmisinya yang bermasalah ghx

    BalasHapus
  16. Sya mau tanya sya jg mengaLami haL sperti itu.. sya sudah ganti aki tetapi knp indikator aki msh nyaLa ya?? PadahaL mobiLpun sudah normal

    BalasHapus
  17. Jual aki untuk ford fiesta. Hub toko aki pacific battery harapan indah bekasi. Free delivery, Call/W.a 0813 1977 4673

    BalasHapus
  18. Sya ganti sndiri pake aki merk ga terkenal ga smpe 1.5jt.. ampere sdkit diatasnya. Ukurwn pas cma Dudukan penjepit aki gak pas tpi sya akali tmbah mur aja. Yg penting waktu lepas aki dalam keadaan mesin hidup ya, krna klo aki dilepas tpi gada aliran listrik bkin jaming ga mau nyala (tipikal mobil eropa). & Hti² +- tersentuh ya.

    BalasHapus
  19. Sangat membantu semua cerita pengalaman agan agan diatas,

    BalasHapus
  20. Saya pakai Ford Viesta sdh 8 thn kelemahan yg saya rasakan accu diman 8 thn pakai sdh 6 x ganti accu kecuali yg pertama bawaan pabrik umur 2thn lebih selanjutnya umur accu hanya 1 thn bahkan bbrapa x hanya umur 7 bln ganti lagi. Trims

    BalasHapus
  21. Hadehhh...makasih banyaj infonya. Bisa saya simpulkan aki saya harus ganti

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga bermanfaat blog nya gan... :)

      Hapus
  22. Trima kasih. infonya sangat brmanfaat dari sekian info2 yg telah sy baca di atas sepertinya sy harus ganti ACU karena kasus mobil ford fiesta sy mirip.

    BalasHapus