Untuk yang belum tau apa itu CDI, CDI adalah Capacitor discharge ignition (CDI) nah secara gampang, CDI itu yang ngasi perintah untuk koil ke busi memercikan api nya untuk terjadinya pembakaran :D kalo motor dan mobil jadul masih menggunakan platina yang bisa di stel mapping pembakarannya *ribet
ini adalah CDI BRT HYPERBAND
Ini CDI BRT DUALBAND
ada kabelnya tuh, tar bisa pilih mode dengan switch
ini CDI BRT Imax, yang programable, yang bisa di atur kurva mapping pembakarannya :D
nah disini niubi mau bahas untuk CDI after market merek BRT yang terkenal itu :D
CDI BRT sendiri banyak jenisnya... beberapa yang niubie tau
1. BRT HYPERBAND biasa dan Neo Range harga Rp.350 - 500 ribu
2. BRT DUALBAND biasa dan Neo Range harga Rp.450 - 600 ribu
3. BRT Imax programable Range harga Rp.1,5 jt - 1,8jt
salah satunya yang niubie pake ini adalah CDI BRT HYPERBAND biasa...
sebenernya antara yang biasa dan neo itu sama ajah.. cuman yang neo itu yang keluaran baru sedangkan yang biasa alias hanya HYPERBAND saja itu keluaran lama / stock lama.
Bahas harganya dlu yaaa.. harganya untuk 1 pcs CDI BRT ini pada tahun 2009an dlu niubi ngubek-ngubek bandung akirnya dapat di pungkur di toko LOGOS dengan harga Rp. 330.000,- sudah minta diskon dkk cuman dapet segitu... nah sedangkan harganya sangat blur.. karena range harga yang dipatok bengkel-bengkel sangat ngawur contoh aja dlu niubie tanya di 5 bengkel berbeda ga ada harga yang sama dan range berkisar antara 350 ribu sampai 500 ribu gilaaa kan... tahun 2009an lhoo...
untuk HYPERBAND artinya CDI hanya mempunyai 1 kurva mapping pembakaran
untuk DUALBAND artinya CDI mempunyai 2 kurva mapping pembakaran yang bisa dipilih melalui swich yang harus dibeli untuk dipasangkan dengan CDI nya.
untuk Imax, CDI ini bisa diprogram menggunakan remote yang harus dibeli juga beserta CDInya nanti mapping kurva bisa diatur sesuai kebutuhan apakan akan dinaikan 1 step sampai 16 step kalo ndak salah.
dalam CDI BRTnya sendiri terdapat beberapa macap kurva pengapian yang sudah disesuaikan dengan spec motor. setiap motor mempunyai spec berbeda mangkanya jangan sampai salah beli ya...
nah ini adalah tipe-tipe kurva yang disediakan oleh BRT untuk DUALBAND
DUALBAND / NEODUALBAND
1. std - tune up
2. tune up - racing
3. racing - kopetensi
yg cocok wat harian yg tipe 1 gan... jadi mindahin nya pake switch alias saklar.
bisa kita pindahin kurvanya langsung dari saklar yang ditaruh di handle motor biar gampang diakses :D hehehe jadi begitu dibutuhkan tinggal langsung ganti :p buat lawan kalo ada yg ngajak ngetrek..
dan juga Limit BRT sendiri di 13000 RPM jadi ga unlimit bgt @_@a
kan kalo STD di 9000 RPM tuh... BRT di 13000 RPM jadi di amini ga bakal mentok head piston nya lagian kalo mesin STD ting2 RPM nya ga bakal nyampe deh kalo supra...
@_@a udah mau copot smua body kalo d paksa sampe RPM max (optimal)
kita coba cek dlu aman ga kalo supra spec standar bore maupun stroke nya...
spec supra x 100 cc yaitu bore x stroke nya 50 x 49,5
masukin ke rumus ini ( 2 x Stroke (dalam satuan meter) x Rpm)/60
(2x 49.5/1000 x 13000) /60 = 21.45m/s nah lhooo udah mepet karena amannya 21...
sooo..... jangan gas mentok yaaa.. walaupun mungkin masi aman :)
untuk rumus Speed piston dibahas artikel terpisah yaa :)
intinya dengan menggunakan CDI BRT HYPERBAND untuk motor supra x 100 cc spec mesin standar ini aman :) limit dan rentang powerpun meningkat dari yang asalnya hanya dilimit pabrikan hanya 9000 RPM saja dengan menggunakan CDI BRT HYPERBAND ini bisa mencapai 13.000 RPM kalo digas sampe mentok sampe limiter.
oh iya... kalo pake CDI BRT COIL jangan diganti yaaa pake yang standar aja.. kalo ga bisa ngerusak... :)
BalasHapusKlo untuk motor revo saya enaknya pake yg apa gan baru oversize 100
BalasHapusKlo motor tiger gmn om? Ku urung pake rumus itu ketemu 26,95. *Note bore x stroke tiger=63,5 x 62,2
BalasHapus