This Blog with Automotive Cars and MotoBikes, Ride Report, Review, Culinary within :)

Rabu, 09 April 2014

Stang Rasa Racing Mumer Supra X 2004 Edisi 4L4Y :3

Sedang tren memang Aura Racing kebawa pada tunggangan besi kita... sampai-sampai semua kalo biasa ada aura racing nya.. walaupun hanya sebatas stiker

 Untuk sekarang Niubie mau share tentang Stang supri niubie yang dimodip biar berasa racing gitu deh.. hehehe.. berhubung jenis supri adalah mopped aka bebek tulen bukan macem FU ayago jadi untuk bisa mengaplikasi stang racing memang ibarat susah / butuh modifikasi berat...

Tapi karena waktu itu Niubie hanya sebatas kelas anak SMA yang penghasilan kantong pas-pasan untuk beli bengsin jadi ya modip juga seadanya saja... ini hasilnya :)

Ketiatan kan stang bengkok model macem ROADRACE
   

Oke Kita bahas ubahan dan bahan-bahannya serta biayanya yaa... :3

Langkah pertama siapkan dulu bahan-bahannya yang diperlukan yaitu :
1. batok ori / lokal depan dan belakang...
2. Stang supra x Ori !! atau Lokal...

Notes:
 Kalo mau pake yg bawaan ORI nya silahkan.. TAPI ingat !!! Niubie ga tanggung kalo begitu dimodip ga bisa dibalikin ke standarnya lagi !! dan kalo mau dijual pasti hancur harganya !
jadi saran Niubie sih beli saja di TEGALEGA ataupun JATAYU untuk Domisili Bandung KOTA...
Untuk Bandung Coret hehehe contoh banjaran, moh toha, Bubat, mending cari di Bale endah.. yang ada pertigaan ke Majalaya disana banyak sekali loakan motor.. copotan-copotan.. Mungkin Motor Bodong yang diMulitasi dan di jual pritilan heheh MUNGKIN LHO !!

Nah untuk Harga dulu Niubie belanja di TEGALEGA pagi-pagi.. dan saran niubie pakailah Pakaian seadanya (Lancai/Oblong) Karena disana harga ditentukan dari Penampilan !!!

Batok depan belakang ORI  Rp. 30.000 se SET...
Stang ORI Rp.15.000 

beres deh belanjaan, total 45 Ribu untuk barang-barang bahan modif...

Oke selanjutnya kita mampir dibengkel / kerumah untuk membuka semua peralatan yang nempel distang.. sisakan hanya selongsong gas / throttle untuk supaya motor bisa kita kendarai ke tempat LAS... mulai dari batok ORI depan belakang, Speedo, kabel-kabel semua lepas.. karena kita akan berurusan dengan LAS yang pasti panas ! kalo peralatan tidak dilepaskan udah pasti bakal leleh oleh panasnya api BIRU LAS-LASan tersebut...

oke kita ditempat las, direkomendasikan yang biasa pegang motor beginian :) supaya hasilnya presisi dan juga ngerti sudut yang kita mau kayak gimana... 

sebelumnya, niubie kasi tau dulu, metode yang biasa dipakai untuk membengkokan stang ini, untuk dibengkel-bengkel pinggiran yang tidak ada tukang lasnya biasanya metode yang digunakan adalah memakai pipa panjang yang nantinya pipa stang kita dimasukan kedalam pipa panjang dan akan ditarik / dibengkokan oleh kekuatan manusianya memakai PIPA... cara kedua adalah di LAS atau stang dipanaskan dahulu lalu, baru dibengkokan sesuai keinginan memakai tangan saja dengan modal lap basah untuk menghindari terbakarnya kulit tukang lasnya wkwkwkwkw.....

SARAN Niubie, mending pakai cara yang di LAS ! kenapa ?? panjangnya ada mata kuliah tentang pengetahuan bahan dan juga mekanika teknik untuk menghitung kekuatan suatu material, untuk membengkokan stang menggunakan pipa, bisa saja tapi ingat ada deformasi pada material tersebut, deformasi bisa permanen dan juga sementara kalo sementara material bisa kembali kebentuk semula.. nah jika sampai terjadi deformasi permanen / bahasa simpel nya sih, sampe bengkok !!! itu kan permanen karena kekuatan material nya kalah dengan kekuatan manusianya, artinya zigma bol material sudah terlewati maka di AMINI kekuatan meterial itu sudah tidak sekuat asalnya... mangkanya niubi sarankan menggunakan stang ORI yang bahanya lebih tebal dari yang lokal dan juga menggunakan metode LAS, jiga dipanaskan / LAS kekuatan material akan kuat seperti aslinya :) dibahas tar panjang lagi deh.. LAS itu ada 3 macam fungsinya salah satunya untuk memperkua bahan :) itulah salah satu alasan kenapa niubie merekomendasikan cara LAS tersebut :) kalo mau belajar carilah di google :p atau kuliah pengetahuan bahan / sipil / tek industri :p

nah untuk sudut mintalah sudut yang enak untuk kalian.. niubie pake sudut 45 derajat kebawah dan sedikit digeser kebelakang :) biar lebih nungging :D ini tergantung loh gimana enaknya... setelah dibengkokan coba dlu kita naikin motornya lalu pegang stangnya udah oke belum posisinya...

saran supaya seimbang kiri kanan gunakan benang dan juga pastikan lantai / dasar untuk standarin motor betul-betul rata.. agar sudut stang kiri kanan sama... :) 
ini hasilnya 

Gunakan benang yang diikat di ujung stang kiri dan kanan dan pastikan dlu panjang benangnya sama !!! patokannya dlu niubie pake pemberat diujung benangnya jadi patokannya sampe si pemberatnya itu menyentuh tanah:) dan juga feeling tentunya :)

stang KIRI

Stang KANAN


 Untuk Batok belakang sudah pasti ada bagian yang di potong / dipapas karena stang tertarik kebelakang dan kebawah otomatis batok belakang harus dicoak agar stang dan batok bisa kembali dipasang :)

NOTES: dulu niubie sampai 2x ke tukang las karena kiri kanan sempat tidak sama dan juga kurang kebawah wkwkwkwkw....

kenapa niubie seneng model stang yang notabene 4L4Y begini ?
alasannya gampang, posisi riding lebih racy dan juga dimensi lebar motor yang mengecil yang artinya kesempatan untuk selip-selip ditengah kemacetan sangat mengakomodasi :D



Lupaaa Jadi total biaya :
untuk batok 1 set dan stang ORI semua niubie tebus dengan harga Rp.45.000 di TEGALEGA ini mah tergantung SSI nya wkwkwkw...

lalu ongkos bongkar pasang batok dkk.. ini niubie bongkar sendiri jadi gratis.. kalo kebengkel mah kasi aja 10 / 15 rebu ongkos bengkelnya..

tukang lasnya berapa? dlu niubie kasi 15 ribu juga :D

jadi TOTAL untuk bikin stang model begini adalah 45 + 15 rebu.. 55 rebu sajah :D
murah toh :p dibanding modip jadi model ayago terus beli stang after market misal merek NUI udah hampir 250 ribu... belom modif jadi ayago bisa sampai 2 juta.. :)







Tidak ada komentar:

Posting Komentar