This Blog with Automotive Cars and MotoBikes, Ride Report, Review, Culinary within :)

Selasa, 22 April 2014

Ganti Oli Motor Sendiri ( DO IT YOUR SELF )

Alo.... untuk artikel ini, niubie mau sharing untuk cara Ganti oli sendiri menggunakan tools yang ada dirumah ^^



Sebelumnya kita harus tau dulu pemakaian oli optimal dan juga tipe oli nya / ke enceran oli itu sendiri... biasanya klaim pabrikan oli mengatakan bahwa oli nya bisa bertahan hingga 5000 KM...
mungkin betul... tetapi niubie kurang yakin angka 5000 KM tersebut adalah angka optimalnya...
mungkin saja MAKSIMALNYA..... lalu bagaimana kita menentukan umur optimal oli ?

pertama kenalilah kendaraan kita yang sering kita pakai, dan rasakan bila sehabis service dan ganti oli... rasakan getarannya.. powernya.. akselerasinya.. dan bahkan gigitan kopling nya...
memang tidak gampang untuk orang awam bisa mengerti bagaimana mengenal karateristik kendaraannya, malah hanya tau pakai saja... banyak juga yang seperti itu.. mangkanya sebelum berkendara bacalah selalu manual book nya !!! sudah dikasih dan dibuatkan sedemikian rupa, banyak orang indo itu malas bacanya... selalu disimpan begitu saja tanpa tau apa saja fungsi-fungsi pada kendaraan kita dan bagaimana mengendarainya dengan benar dan sesuai anjuran dari pabrikan...
jika sudah tau dan kenal, maka kita tau ketika mesin sudah tidak enak, atau ada sesuatu yang salah pada kendaraan kita, sama seperti oli, kita harus tau apa rasanya ketika oli sudah lagi tidak layak dipakai ataupun memang sudah harus ganti :) nanti niubie bahas dibawah yaaa....


yeap... langsung saja deh, kali ini niubie mau share tentang bagaimana ganti oli sendiri pada motor bajaj pulsar 220 :)
 pertama siapkan tools wajib yang dipakai untuk mengganti oli ini...

Kunci nomor 17

 nah kita harus punya kunci no 17 untuk membuka mur dari penutup oli pada mesin motor kita...
dari motor yang sudah niubie tes, bajaj, supra x 100cc , supra x 125, itu sama ukuran tutup oli nya yaitu nomor 17... untuk ukurang 17 ini , sama juga dengan kunci busi :) biasa disertakan pembuka busi, nah itu toolsnya seperti selongsong gitu, itu juga bisa dipakai dalam keadaan darurat untuk mengganti oli diperjalanan bila terpaksa...

nah sekarang tinggal sesuaikan kunci yang akan dipakai dengan letak dari baut oli yang berada dimesin, untuk motor supra / bebek, mur ini berada dibawah mesin dekat dengan leher kenalpot , yang ada pelindung murnya... jadi lebih enak pake kunci yang di tengah tuh digambar...

untuk bajaj pulsar karena letak mur olinya ada disamping kiri dekat dengan standart samping, maka kunci yang cocok adalah kunci no 3 / yang paling kanan yang berbentuk huruf  T
tuh letak mur untuk bajaj pulsar ada di sebelah no mesin dan sebelah sensor :)

setelah itu, kita siapkan posisi motor kita untuk ganti oli, jangan lupa standar tengah biar enak, dan juga jangan lupa kasih alas bawahnya untuk tempat oli bekasnya...
untuk pulsar karena letak mur nya tidak ergonomis maka dibutuhkan media untuk menjadi jalur keluarnya oli supaya oli tidak beleberan kemana-mana... niubie menggunakan selembar kertas A4 bekas untuk menjadi jalur oli hehehe caranya hanya diselipkan saja kertasnya
tuh olinya mengalir lewat kertas tadi kan hehehe.. jadi ga terlalu belepotan kemana-mana :)
untuk motor lainnya niubie ga tau gimana, tapi untuk bebek sih langsung aja ga usah pake beginian...


setelah oli mulai sedikit yang mengalir, pindahkan saja posisi motor memakai standar samping untuk membantu oli keluar dengan bantuan gravitasi hehee kan cairan mengalir dari tempat yang tinggi ke yang rendah, maka dengan dimiringkan letak jalur oli lebih rendah dari pada tempat oli pada mesin, biar olinya keluar semua gitu...

lakukan langkah ini berulang-ulang hingga tidak ada tetesan oli lagi, jadi standar tengah... standar pinggir balik lagi... setelah itu bantu dengan membuka lubang masuk oli agar tidak ada tekanan

untuk membuka tutup oli ini, cukup mudah, gunakan tang atau kunci mur yang berbentuk huruf C
dan kaitkan dengan tutup oli secara diagonal lalu putar saja...

diamkan / tiriskan motor hingga oli benar-benar tidak keluar kalo perlu bantu dengan bantuan angin
niubie menggunakan bantuan pompa tangan, untuk menekan dengan angin, hehehe lumayan membantu, jadi tangan kiri menahan tutupnya ke lubang oli, dan tangan kanan memompa hehehe...

selanjutnya adalah memasukan oli baruu... hehehe... ketika oli sudah tidak ada lagi, langsung tutup lubang pembuangan oli tadi.. jangan sampai lupa yaa !! kalo ga nanti oli barunya keluar lagi dong wkwkwkw....
untuk olinya niubie menggunakan federal supreme XX dengan spesifikasi oli tertera pada gambar..
JASO MA 20W50 API SJ... apa artinya ?? googling gan !!!
intinya spec yang dianjurkan dari pabrikan bajaj adalah oli dengan spec tersebut JASO MA 20W50 SJ... bagi yang belum tau spec oli untuk kendaraannya bacalah manual booknya :D hehehe...

oli ini cukup kental karena memang kekentalannya ada di 20W50.

sekedar pengetahuan, untuk motor-motor jadul, maka pembuatan mesin belum terlalu presisi ukurannya, jadi celah antar komponen mesin bisa dibilang relatif lebar dibanding dengan motor-motor moderen... jadi untuk mengakali celah tersebut, oli yang dianjurkan harus kental agar oli tidak masuk keruang bakar dari celah-celah tadi... nah untuk motor jaman sekarang sih olinya encer-encer.. karena presisi mesin sudah semakin baik, dan juga dengan oli yang encer maka performa akan naik karena oli encer... namun memang suara akan sedikit kasar... bila ingin suara agak lemes maka gunakan oli yang agak kental :) bila oli sudah dimasukan tutup juga lubang masukan olinya yaa...


nah ini adalah oli bekasnya... itemmm bener yaaa... padahal umur pakainya belum sampai 2000 KM
oli menjadi hitam itu karena adanya bagian dari oli yang terbakar akibat panas dari mesin itu sendiri... jadi semakin panas mesin, oli akan cepat menjadi hitam, tergantung dari kekuatan oli itu sendiri...


masukan oli bekas ke botol oli tadi, untuk menjadi bahan analisa kita, apakah oli berkurang atau tidak... di gambar bisa dilihat oli pada motor niubie ini berkurang kurang lebih sekitar 18%-20% koq bisa?? iya karena oli ada yang menguap karena terlalu panas... maka dari itu !!! cek lah kondisi oli pada kendaraan kita... untuk motor batangan bisa dilihat dari jendela oli, untuk motor bebek bisa dilihat dari tutup masukan oli nya.. disana ada ukuran kedalaman oli.. minimal dan max nya...

tuh oli baru nya keliatan di batas max ketinggian oli :) keliatan juga oli nya masih agak bening hehehe.. belum item banget...

nih bonus waktu niubie ganti-ganti oli

Niubie ganti oli si Pzzo di pabrik tempat niubie kerja dulu hehehe... tapi jam 4 lohh pas jam pulang kantor tentunya :) ini sebelum lebaran tahun 2013 hehehe

tidak lupa si belalang tempur juga diganti olinya hehehe....

Gantilah oli bilaaa :
1. oli sudah dirasa tidak enak - getaran dan tarikan tidak ada.. ngeploss
2. oli sudah berkurang - bisa ditambahkan dengan spec yang sesuai atau ganti baru sajah
3. pergantian gigi dirasa sering slip... ngeden dulu baru maju... ( kusus untuk kopling basah ) !!!
4. saran niubie untuk motor ganti sajah setiap 2000 KM sekali ataupun hingga max 3000 KM sajah kalo masih enak tuh mesin hahaha... pengalaman sih sebelum menuju 2000 KM motor sudah ga enak dipakainya :)

untuk yang mau irit, bila motor standart dan masa garansi sudah habis dari pabrikan 3 - 5 tahun... rawat saja motor anda sendri... untuk service di bengkel resmi itu lakukan saja setiap 4 hingga 5 kali anda ganti oli sendiri.. diluar ada kerusakan tentunya.. kenapa ?

yang utama dalam kendaraan adalah oli sebagai darah bila dianalogikan seperti manusia...
lalu kondisi saringan udara.. bila kotor maka akan mengganggu performa... namun membersihkan filter udara lebih gampang dibanding menganti oli :) bisa dilakukan sendiri...

jadi kalo niubie, untuk bajaj sih tiap 2000 KM niubie ganti oli saja perawatannya.. nanti setelah 4x ganti oli sendiri kurang lebih 8000 KM baru bawa kebengkel untuk membersihkan karbulator dan juga saringan udara dan ganti oli :) sekalian cek kanvas rem hehehe

untuk supra x juga sama, malah supra x niubie sudah open filter alias plooong tanpa saringan udara...
tapi tetep masih berlaku 4x ganti oli sendiri baru dibawa kebengkel untuk bersihin karbu... hehe males bongkar sendiri... bau bensin :p

untuk motor-motor injeksi lebih enak lagi ga usah bersiin injeksi hehe tinggal ganti oli doang :)

sekian :)

2 komentar:

  1. Pake pompa gtu ngefek emang olinya keluar bro? Saya mau coba ganti oli sendiri juga nih..

    BalasHapus
  2. Saya mau nguras oli motor temen saya, karna orangnya sombong bgt, biar motornya rusak karna olinya habis.

    BalasHapus